About Us

About Author

Anak sulungnya Papa Mama. Istri dari Dey Hdyt, Lc. Bunda dari Khalid dan Hdinda. Peneliti. Pelajar. Tinggal di Melbourne – Australia.

Contact Us

Let’s get Connected!

About Blog

Blog pertama saya di tahun 2008 hanya berlangsung sekedarnya. Empat belas tahun kemudian, di Februari 2022, saya memutuskan menulis kembali, setelah putri kami Hdinda terdiagnosis penyakit jantung bawaan (Tetralogy of Fallot) dan kondisi tubuhnya yang spesial (dekstrokardia dan situs inversus totalis).

Pada waktu yang bersamaan dengan diketahuinya kondisi anak kami, saya sedang menempuh pendidikan S2 Bioteknologi di Universitas Melbourne – Australia atas penugasan belajar dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian (sekarang menjadi Badan Riset Inovasi Nasional/ BRIN) dan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Blog ini akan mendokumentasikan tentang hal-hal tersebut di atas, juga hal-hal lain yang menarik perhatian saya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog, semoga bermanfaat.

Selamat membaca !

Disclaimer

Kami orangtua Hdinda tidak mempunyai latar belakang medis, sehingga apa yang kami sampaikan di blog page Pejuang Jantung Sehat adalah hasil dari belajar mandiri, pemahaman dari penjelasan dokter, cerita dari orangtua senasib sepenanggungan yang mempunyai anak PJB (penyakit jantung bawaan), dan pengalaman pribadi dalam merawat Hdinda.

So, here’s my thoughts. Bismillah.

43 thoughts on “About Us”
  1. Salut banget sama mbak lo. Bener² bisa jadi inspiratif. Mana studi tapi masih bisa momong anak yang punya kondisi tak biasa. Salam kenal dari Dinda, mbak. Semoga ananda juga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan. Fighting! ❤️

    1. Kami bisa karena dikuatkan Tuhan. Menulis blog jadi salah satu sarana coping saya menghadapi dinamika kehidupan. Pembelajaran dan pengalamannya sambil dituliskan disini. Senang jika bermanfaat apalagi jadi inspirasi.
      Salam kenal juga ya mba.
      Terima kasih sudah mampir.

  2. Halo, salam kenal mbak dan semuanya umm, ini pertama kalinya aku menjejakkan kaki di blog ini dan aku baru saja membaca disclaimer diatas, semoga dede cepat sembuh mbak, Aamiin ya rabb. Untuk teman-teman yang suka nonton drakor bisa komen dan lihat reviewku di https://www.rateyourdrakor.my.id/ .terimakasiii

    1. Salam kenal mba Mita.
      Kami disclaimer agar blog ini jangan dijadikan referensi satu-satunya. Referensi utama adalah dokter anak subspesialis jantung.
      Penyakit jantung bawaan ini sering kali tidak langsung terdeteksi saat lahir, bahkan ada yg sudah bertahun-tahun dan sudah ada komplikasi baru terdeteksi. Kalau ini harus ke dokter spesialis jantung, karena biasanya sudah bukan pasien anak.
      Anak-anak spesial yang dititipkan tuhan kondisi jantung bawaan juga punya hak dan kesempatan untuk hidup sehat dan normal.
      Jika orangtuanya belum mengenali kondisi jantung bawaan, mungkin kerabat, saudara, dan tetangga yg sudah pernah tahu, bisa ikut mengenali dan jadi support system.
      Terima kasih sudah mampir ya mba.

  3. Luar biasa perjalanan hidupnya. Antara prestasi dan Sakit diorgan yang sangat vital. Tetapi percayalah dna yakinlah, bahwa semua penyakit itu ada obatnya. selain konsultasi medis, juga perlu konsultasi pengobatan tradisional dan juga spiritual.
    Serega sehat dan segera tuntas kuliahnya boskuh.
    Salam kenal n salam blogger Nusantara.
    Wahono Secret

  4. Penyakit jantung bawaan ini karena genetik kah?

    Tinggal di Australia, pelayanan kesehatannya sepertinya lebih baik kah atau sama saja dengan di Indonesia? Untuk penyakit² berat seperti ini.

    1. Hai Chris,
      Kami belum mendapatkan kepastian penyebab penyakit jantung bawaan ini.
      Seperti pertanyaan Chris, untuk memastikan apa penyebabnya bawaan genetik, kami (orangtua) tidak menjalani (dan tidak diarahkan juga oleh dokter-dokter yang kami temui) tes atas DNA tertentu (misalnya) yang berkaitan dengan kondisi anak kami. Kami juga belum mendapat referensi terkait gen tertentu yang berperan terhadap kondisi Tetralogy of Fallot dan Dextrocardia.

      Kebetulan kami di Aus baru dua bulan ini. Kami berangkat setelah heart repair surgery Hdinda dan kondisinya stabil.
      Jadi perawatannya 100% di Indonesia, dan belum pernah kontrol disini.

  5. Semangat selalu ya Kak, meski pun sedang diuji dengan anaknya mengidap penyakit jantung bawaan (Tetralogy of Fallot). Gak ada asalan untuk Kakak menyerah dalam hidup, semoga anaknya bisa lekas membaik dan semua cita-cita Kakak terkabul, aamiin.

  6. Luar biasa kereeen. Dirimu penuh inspirasi dan motivasi, Mbak. Tetap semangat dan ikhlas dalam membersamai ananda dan menyelesaikan studi, ya. Saya yang jauh lebih tua dan enggak banyak kesibukan jadi insecure nih …
    o, ya, kalau ingin tahu tentang Yogyakarta bisa main ke blogku https://www.tinbejogja.com/ Cukup sering nulis tentang kotaku sih aku …

  7. Semoga ananda Hdinda diberikan kesehatan, keajaiban oleh Allah swt. Hingga bisa membahagiakan ayah bundanya.
    BTW, filosofi nama Hdinda itu apa ya mbak? Biasanya kan cuma dinda aja.

    1. Aamiin ya rabbal alaamiin
      Hdinda adalah nama pena putri kami di blog ini, filosofinya kami ingin melindungi privasinya namun tetap bisa membagikan kisah perjuangannya.. kalau secara akar kata diambil dari Adinda/Dinda yang artinya anak perempuan atau adik perempuan.

  8. Masya Allah..tetap semngat ya Mbak. Semoga Allah luaskan kesabaran dan kekuatan hati untuk menghadapi semua ujian yang ada. Anda sehat dan orang tua kuat. Semoga perjalanan kuliahnya bisa lancar hingga selesai amiin.

  9. Page ini hanya berisi 3 paragraf, tapi tak henti saya mengucap Masya Allah.. luar biasa kakak, tetap semangat, sehat, dan bahagia selalu ya kak! semoga segala sesuatunya dilancarkan Allah. Aamiin

  10. Kakak sangat luar biasa dan memiliki amanah yang tidak sembarangan. Saudara sepupu saya memiliki putri kecil dengan penyakit jantung bawaan yang mengharuskannya dioperasi beberapa kali sejak lahir. Saat beranjak dari balita beberapa kali keluar masuk rumah sakit. Tapi terlihat buah kesabaran itu tidaklah sia-sia. Bersama kesulitan datang kemudahan.

    Salam kenal Kak! Terima kasih sudah menginspirasi.
    Peluk hangat,
    https://www.aliendasophia.com/

    1. Iya mba, sesuai dengan janji Allah, bersama kesulitan ada kemudahan.
      Salam peluk untuk keponakannya mba. Semoga sehat-sehat seterusnya.
      Salam kenal juga, terima kasih sudah mampir.

  11. Salam kenal kak… Semangat menulis terus ya kak, dengan berbagi informasi semoga menjadi healing terbaik untuk menjadi lebih hebat lagi… semangat kak….

  12. Masya Allah.. senang bisa berkenalan dengan ibu hebat dan ananda yang istimewa. Pastinya banyak ilmu dan inspirasi di blog ini. Semoga terus semangat dalam belajar, berkarya, dan berjuang ya, Mbak. Semangat!

  13. Assalamu’alaikum, Mbak Uli. Salam kenal ya. Welcome back ke dunia tulis menulis. Semoga konsisten dan nggak pernah bosan berbagi ilmu tentang kesehatan. Semangat. Titip sun buat Hdinda.

  14. salam sejahtera buat orang2 kuat di luar sana, termasuk mba ulima 🙂
    semoga studinya cepat selesai dengan memuaskan dan bisa terus berbagi pengetahuannya seputar parenting via blog ini..

  15. Halo Kak, salam kenal.
    Terima kasih untuk berbagi cerita perjuangannya, akan jadi banyak pelajaran juga bagi pembaca ini karena yang ditulis adalah gabungan dari penyampaian dokter dan juga pengalaman-pengalaman yang para orang tua pejuang jantung. Semoga anaknya sehat selalu ya Kak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights