Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/n1576410/public_html/wp-content/themes/newsup/single.php on line 88

Bismillāhirraḥmānirrraḥīm


Apakah yang dimaksud Amandemen Paspor ?

Bersumber halaman dari situs Direktorat Jenderal Imigrasi terkait Amandemen Paspor:

Perubahan data pemegang paspor yang meliputi perubahan nama atau lainnya, dapat diajukan kepada Kepala Kantor Imigrasi atau Pejabat Imigrasi. Perubahan berupa penambahan nama, seperti untuk menunaikan ibadah haji atau umrah, akan ditambahkan di halaman catatan-pengesahan.

https://www.imigrasi.go.id/id/perubahan-data-paspor/

Cerita Pengalaman

Saya melakukan permohonan amandemen pada paspor dinas karena adanya perubahan institusi tempat bekerja. Bersamaan dengan pengajuan amandemen paspor, saya juga mengajukan permohonan Exit Permit untuk rencana perjalanan yang akan datang.

Terkait pengurusan amandemen paspor dan exit permit, saya diarahkan dari bagian Pengelola Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) instansi untuk berkoordinasi dengan salah satu staf di Biro Komunikasi Publik, Umum dan Kesekretariatan (BKPUK) bagian PDLN. Total waktu yang dibutuhkan sejak saya menyerahkan fisik paspor hingga selesai adalah 2 (dua) hari kerja.

Dokumen Persyaratan

  1. Scan warna lembar depan paspor dinas
  2. Buku paspor asli
  3. Dokumen data dukung lain yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah sebagai dasar perubahan data paspor seperti: surat keputusan, akte kelahiran, surat nikah, atau dokumen sejenis lainnya.
  4. Surat Pernyataan Bermaterai apabila ada perbedaan nama di Akte Kelahiran, KTP, dan Paspor Dinas (menjelaskan tentang perbedaan tersebut).

Apakah Bisa Mengurus Amandemen Paspor dari Luar Indonesia?

Menurut informasi dari teman, untuk paspor dinas (paspor biru) diberlakukan layanan satu pintu sehingga pelayanan hanya bisa dilakukan di Indonesia. Dalam hal ini, jika paspor dinas perlu segera diamandemen, fisik paspor perlu dikirim paket ke Indonesia dengan penerima adalah pihak perwakilan yang akan mengurus amandemen paspor


Demikian sedikit cerita tentang mengurus amandemen atau perubahan data paspor.
Bagaimana pengalaman pembaca dalam mengurus amandemen paspor? Silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan Anda di kolom komentar.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat !


Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik.

2 thoughts on “Pengalaman Mengurus Amandemen Paspor Dinas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights