Photo by Elina Sazonova on <a href="https://www.pexels.com/photo/selective-focus-of-red-chilies-1838596/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

Bismillāhirraḥmānirrraḥīm


Ulima Darmania Amanda & Silvia Yuniarti

Published April 03rd 2018‎ at: http://banten.litbang.pertanian.go.id/new/index.php/info-teknologi/14-alsin/1304-kiprah-cabai-merah-keriting-varietas-kencana-di-provinsi-banten


Cabai keriting Varietas Kencana merupakan cabai keriting unggul baru yang dilepas oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) pada tahun 2011. Karakteristik berupa toleran terhadap genangan, toleran terhadap OPT penting, adaptif pada musim ekstra basah, dan berdaya hasil tinggi (lebih dari 20 ton/ha) merupakan keunggulan yang harus dikembangkan di berbagai sentra produksi cabai. Introduksi cabai varietas Kencana diharapkan mampu memenuhi pasokan cabai sepanjang tahun untuk mengatasi gejolak harga cabai yang selalu terjadi terutama pada musim basah dan kemarau basah sehingga swasembada cabai dapat tercapai.

Varietas Kencana dapat ditanam pada dataran rendah (0–200 m dpl), medium (200–700 m dpl), sampai dataran tinggi (> 700 m dpl). Berbagai tipe lahan (sawah – tegalan) dan tipe tanah mulai tanah Andisol sampai dengan tanah Gambut dengan berbagai musim tanam (basah, kemarau basah, kering, dan ekstrim kering) juga dapat ditanami Varietas Kencana. Pada kondisi tersebut produktivitas dapat mencapai 15 – 23 ton/ha.

Asal                                            :  Balai Penelitian Tanaman Sayuran

Tinggi Tanaman                          :  112,6 – 125,6 cm

Diameter Batang                         :  1,5 – 1,8 cm

Umur mulai berbunga                  :  34 – 39 hari setelah tanam

Umur mulai panen                       :  95 – 98 hari setelah tanam

Bentuk Buah                               :  Memanjang

Ujung Buah                                 :  Runcing

Ukuran Buah                               :  Panjang 10,7 – 16,8 cm, lebar 0,7 – 0,8

Warna Buah Muda                      :  Hijau

Warna Buah Tua                         :  Merah

Rasa Buah                                  :  Pedas

Berat 1000 biji                             :  5,0 – 5,5 g

Berat per Buah                            :  4,4 – 6,4 g

Jumlah Buah per Tanaman          :  141 – 289 buah

Berat buah per Tanaman             :  0,55 – 0,87

Hasil buah per hektar                  :  12,1 – 22,9 ton

Populasi per hektar                     :  22.000 – 26.000 tanaman

Kebutuhan Benih per hektar        :  110 – 180 g

Keunggulan Varietas                   :  Produksi Tinggi    

Beradaptasi dengan baik di dataran medium   dengan ketinggian 510 – 550 m dpl pada musim hujan dan musim kemarau basah

Pemulia                                      : Ir. Yenni Koesandriani

Beberapa upaya diseminasi Varietas Kencana di Provinsi Banten baik berupa kegiatan pengkajian maupun pendampingan diantaranya yaitu:

  1. Melaksanakan demplot dengan menggunakan Varietas Kencana pada kegiatan Pendampingan Pengembangan Kawasan Komoditas Strategis Nasional Kementan (Cabai) di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak pada 2014. Hasil demplot menunjukkan bahwa petani dan penyuluh menyukai varietas tersebut karena produksi tinggi dan tahan terhadap hama penyakit.
  2. Varietas Kencana juga kembali digunakan sebagai percontohan inovasi teknologi berupa demplot pada tahun 2015. Respon positif dari petani terhadap Varietas Kencana karena buahnya yang banyak.
  3. Kegiatan pendampingan di Kelompok Tani Cahaya Hikmah Kp. Sindang Adipati, Kelurahan Kadomas, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang dan di Kelompok Tani Mutiara Tani Desa Cimenteng Jaya Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak pada tahun 2016 telah menghasilkan petani penangkar cabai yang bisa memproduksi benih Varietas Kencana.
  4. Benih Varietas Kencana hasil penangkaran kelompok tani tahun 2016 didiseminasikan dalam bentuk demplot pada tahun 2017.
  5. Cabai Varietas Kencana sebagai salah satu jenis cabai yang disertakan dalam Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai). Gertam Cabai merupakan program Kementerian Pertanian dalam mengantisipasi fluktuasi harga cabai. Sejumlah 50.000 cabai keriting dan rawit telah disediakan oleh kegiatan pendampingan pengembangan kawasan komoditas strategis (cabai) sepanjang tahun 2017. Tiga puluh ribu bibit didistribusikan kepada PKK Provinsi yang tersebar di Kabupaten/Kota Provinsi Banten. Adapun sejumlah 20.000 bibit teralokasi di kelompok wanita tani dan permintaan mahasiswa-mahasiswa yang sedang KKN di daerah untuk disebarkan kepada masyarakat agar ditanam di pekarangan.

Referensi

Setiawati, W., Koesandriani, Y., Hasyim, A. 2016. Sumbangsih Cabai Keriting Varietas Kencana Dalam Menghadapi Kebijakan Swasembada Cabai. http://hortikultura.litbang.pertanian.go.id/Buku_Inovasi/45-57.Wiwin%20S%20sumbangsih%20cabai%20keriting.pdf. 20 Maret 2018.

BPTP Banten. Laporan Akhir Kegiatan Pendampingan Kawasan Komoditas Strategis Kementan (Cabai). 2017.


Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights